Gallery

Pengertian Bank

Bank, menurut Undang-undang Pokok Perbankan No 14 tahun 1967, didefinisikan sebagai lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu-lintas pembayaran dan peredaran uang. Istilah bank berasal dari bahasa Itali, Banca, yang berarti meja yang dipergunakan oleh para penukar uang di pasar. Pada dasarnya bank merupakan tempat penitipan atau penyimpanan uang, pemberi atau penyalur kredit dan juga perantara di dalam lalu-lintas pembayaran.

Pengertian Bank itu sendiri secara umum diartikan oleh masyarakat sebagai tempat menabung, menyimpan uang ataupun meminjam uang bagi masyarakat yang membutuhkan. Definisi Bank secara lengkap dijelaskan:

  1. Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998, tentang Perbankan menyatakan: Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyelurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
  2. Menurut Prof.G.M. Verryn Stuart mendefinisikan: Bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, kredit dengan alat pembayarannya sendri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain maupun dengan jalan memperedarkan alat-alat penukar baru berupa uang giral.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa bank merupakan tempat penyimpanan uang, pemberi atau penyalur kredit dan juga perantara dalam lalu lintas pembayaran.

Bank umum sebenarnya tidak berusaha disuatu bidang tertentu saja, tetapi juga dalam berbagai bidang usaha bank lainnya, sehingga disebut bank umum. Ditinjau dari jenis usaha, bank umum bergerak bukan hanya disektor perdagangan dalam arti yang luas, tetapi juga di sektor perindustrian, pertanian, perkebunan, pelayaran, bahkan turut juga memberikan kredit kepada instansi pemerintah. Bank Umum adalah suatu lembaga keuangan yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Keuntungan merupakan selisih antara pendapatan dan biaya.

Rumus : Keuntungan = R(Q) – C(Q)

dimana: R(Q) : Pendapatan

C(Q) : Biaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s