Gallery

Sejarah Perkembangan Ekonomi 8

Friedrich Engels (1820-1895)

  • Engels adalah anak industrialis kaya Jerman yang membenci ayahnya yang tirani dan bisnisnya yang “membosankan, kotor, dan buruk sekali”.
  • Tetapi Engels mendapat kesuksesan financial dengan menjalankan pabrik tekstil di Manchester (meskipun tidak ada bukti bahwa Engels memperbaiki kondisi hidup buruhnya).
  • Engels sama menariknya seperti Marx, dia karunis yang, ahli di bidang sejarah militer, dan menguasai hampir dua lusin bahasa. Saat senang, dia bisa ” bicara dalam dua puluh bahasa!” selain itu dia juga terkenal suka main perempuan.
  • Dia  adalah sosok yang dianggap “tinggi” (meskipun tingginya hanya lima kaki, enam inci), berambut blonde, berpenampilan seperti Teutonic dan mata yang tajam.
  • Pengaruh Engels terhadap Marx ada dua sisi : Uangnya yang banyak bisa membantu Marx selama bertahun-tahun, dan dia memainkan peran penting dalam mengarahkan pemikiran Marx ke arah ekonomi politik.
  • Tulisan Engels, The Condition of the Working Class in England in 1844sangat mempengaruhi Marx, dan Engels inilah yang mengubah Marx menjadi revolusioner, bukan sebaliknya.
  • Dia ikut menulis The Comunis Manifesto, tetapi dalam hal lain dia di bawah baying-bayang filsuf besar Marx. Gaya dendam Engels dan Marx tampak jelas dalam judul karya kolaborasi mereka yaitu Critique of Critical Critique! (Judul yang lebih lunak The Holy Family disertakan dalam sampul saat buku ini akan dicetak).
  • Engels hidup lebih lama ketimbang Marx, lebih banyak bersurat-surat dengan kaum revolusioner, menyunting dan menerbitkan buku-buku Marx dan terus mempertahankan kebesaran Marx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s